APAKAH PENDIDIKAN ITU ?
M.J.
Langeveld (1995) :
- Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa
membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan
- Pendidikan
ialah
usaha menolong anak untuk melaksanakan tugastugas hidupnya, agar bisa
mandiri, akil-baliq, dan bertanggung jawab secara susila
- Pendidikan
adalah
usaha mencapai penentuan-diri-susila dan tanggung jawab
Pengertian
pendidikan secara umum:
Pendidikan
adalah : Usaha sadar yang dilakukan
menusia dewasa yang bertanggung jawab membantu
anak menjadi dewasa[1].
Usaha sadar
: pendidikan akan terlaksana jika adanya keinginan yang kuat untuk merubah
sesuatu dalam diri kita, dari tahu menjadi lebih tahu, dari bisa menjadi lebih
bisa, dan dari baik menjadi lebih baik. Usaha pendidikan memiliki tujuan
tertentu sesuai jenjangnya.
a. Manusia
dewasa yang bertanggung jawab atas pendidikan terdiri dari :
-
Orang tua yang bertanggung jawab
terhadap pendidikan putra putrinya
-
Guru/pendidik,pelatih yang bertanggung
jawab sesuai penugasan yang diterimanya (jadi diperlukan surat keputusan SK,
untuk dapat melaksanakan kegiatan mengajar)
-
Tokoh masyarakat (pejabat, kiayi, orang
yang disegani) dapat membantu pendidikan sesuai dengan proporsinya.
b. Cirri-ciri
Dewasa
-
Mandiri
-
Berguna bagi orang lain
-
Bertanggung jawab
-
Dapat menghargai aturan/norma
c. Membantu
artinya dengan ikhlas, berniat baik tanpa merasa terpaksa
Pentingnya pendidikan
Pendidikan
merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap
manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan.
Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam
mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan.
Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama
kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan
lingkungan masyarakat.
Seorang anak
yang disayangi akan menyayangi keluarganya ,sehingga anak akan merasakan bahwa
anak dibutuhkan dalam keluarga. Sebab merasa keluarga sebagai sumber kekuatan
yang membangunya.Dengan demikian akan timbul suatu situasi yang saling
membantu,saling menghargai,yang sangat mendukung perkembangan anak.Di dalam
keluarga yang memberi kesempatan maksimum pertumbuhan,dan perkembangan adalah
orang tua.Dalam lingkungan keluarga harga diri berkembang karena
dihargai,diterima,dicintai,dan dihormati sebagai manusia .Itulah pentingnya
mengapa kita menjadi orang yang terdidik di lingkungan
keluarga.Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain.
keluarga.Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain.
Sedangkan di
lingkungan sekolah yang menjadi pendidikan yang kedua dan apabila orang tua
mempunyai cukup uang maka dapat melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi dan
akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi kemudian menjadi seorang yang terdidik .
Alangkah pentingnya pendidikan itu. Guru sebagai media pendidik memberikan
ilmunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Peranan guru sebagai pendidik
merupakan peran memberi bantuan dan dorongan ,serta tugas-tugas yang
berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak dapat mempunyai rasa
tanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. Guru juga harus berupaya agar
pelajaran yang diberikan selalu cukup untuk menarik minat anak .
Selain itu
peranan lingkungan masyarakat juga penting bagi anak didik . Hal ini
berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup bermasyarakat.Dengan
demikian bila kita berinteraksi dengan masyarakat maka mereka akan menilai
kita,bahwa tahu mana orang yang terdidik,dan tidak terdidik. Di
zaman Era Globalisasi diharapkan generasi muda bisa mengembangkan ilmu yang
didapat sehingga tidak ketinggalan dalam perkembangan zaman. Itulah pentingnya
menjadi seorang yang terdidik baik di lingkungan Keluarga,Sekolah,dan
Masyarakat.
Pendidikan formal, informal dan nonformal
Pendidikan formal adalah kegiatan yang
sistematis, bertingkat/berjenjang, dimulai dari sekolah dasar
sampai dengan perguruan tinggi dan yang setaraf dengannya;
termasuk kedalamnya ialah
kegiatan studi yang berorientasi
akademis dan umum, program spesialisasi,
dan latihan professional, yang dilaksanakan dalam waktu
yang terus menerus.
Pendidikan informal adalah proses yang berlangsung sepanjang usia
sehingga sehingga setiap orang memperoleh nilai, sikap, keterampilan, dan
pengetahuan yang bersumber dari pengalaman hidup
sehari-hari, pengaruh lingkungan termasuk di dalamnya adalah
pengaruh kehidupan keluarga, hubungan dengan tetangga, lingkungan
pekerjaan dan permainan, pasar, perpustakaan, dan media massa.
Pendidikan nonformal ialah setiap kegiatan teroganisasi dan
sistematis, di luar sistem persekolahan yang , dilakukan secara mandiri
atau merupakan bagian penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja
dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu di dalam mancapai tujuan
belajarnya.
0 komentar:
Posting Komentar