Senin, 26 November 2012

ISTILAH TERKAIT KURIKULUM

·         Kurikulum inti, persyaratan pendidikan umum yang ditetapkan sebagai rangkaian didefinisikan program interdisipliner yang harus diambil oleh semua mahasiswa yang terdaftar dalam program gelar di sebuah institusi.


·         Kurikulum institusi, kurikulum di suatu sekolah, pada tingkat Institusi (biasanya dikenal dengan sebutan Buku I).

·         Kurikulum utuh, kombinasi antara kurikulum inti dan kurikulum institusional.

·         Kurikulum muatan lokal, pedoman penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar (PBM) yang ditetapkan oleh daerah sesuai dengan keadaan dan kebutuhan daerah yang bersangkutan, yang berisikan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan dalam penyajian bahan itu dalam PBM.

·         Hiden Kurikulum, hasil (sampingan) dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususnya hasil yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan.

·         Intra kurikuler, kegiatan siswa di sekolah atau mahasiswa di kampus yang sesuai atau sejalan dengan komponen kurikulum.

·         Ko kurikuler, rangkaian kegiatan kesiswaan yg berlangsung di sekolah.

·         Ekstra kurikuler, kegiatan yang dilakukan siswa sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar.

·         KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan),  kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).

·         KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.


Tugas Individu Pengantar Kurikulum
Dosen: Dr. Khaerudin, M.Pd.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
;