Rabu, 09 April 2014 0 komentar

Seberapa "Ganteng" Inovasi dalam Group Discussion Facebook?

Pendifusian Inovasi Dalam Pembelajaran

A. Pendahuluan




Ilmu pengetahuan yang semakin menuntut perkembangan inovasi dari masing masing para pembimbing pejaran membuat metode pembelajaran semakin menarik dan memanjakan para learners. Pengetahuan di abad millennium ini sangat lah mudah di dapatkan dari berbagai sumber. Kemajuan IPTEK sangatlah mendorong kemajuan dari sumber belajar yang beredar luas saat ini. Berbagai sarana pembelajaran melalui blended learning, web based, maupun online learning sudah sangat mendukung untuk dilaksanaan. Media social contohnya, sangatlah berpengaruh bagi kehidupan anak muda sekarang. Salah satu diantaranya adalah Facebook. Pengguna facebook yang tersebar di seluruh dunia menyebabkan cukup mudahnya proses pembelajaran ini untuk dilakukan. Penggunaan facebook ini sebagai sebuah media pembelajaran sudah mulai banyak digunakan oleh para guru yang melek media atau mempunyai literasi media yang cukup tinggi. Lalu, apakah Facebook merupakan sebuah inovasi? Mari mensurvey!
Pertanyaan yang diberikan terhadap siswa adalah Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini? jawab "YES", atau "NO" atau "YES & NO".  Tujuan dan manfaat dari survey ini adalah mengetahui seberapa tingkat keinovativan siswa menggunakan facebook sebagai sebuah inovasi, dan juga sebagai apakah sesuai dengan teori Reigeluth & Rogers. Dalam pembelajaran kelas banyak siswa yang tidak aktif memberikan respond dan pada forum diskusi ini diberikan kesempatan untuk mereka lebih mengekspresikan diri. Manfaat dari survey ini adalah sebagai acuan bagi para pembimbing pembelajaran agar lebih inovatif dalam sebuah pembelajaran dan juga membawa semua element pembelajaran ke dalam era Teknologi. Responden yang diambil adalah para peserta pendidikan yang tergolong literasi medianya cukup lumayan yaitu Mahasiswa Teknologi Pendidikan Reguler 2012 pada semester 100. Teknik survey yang saya ambil adalah dengan mendata jumlah keikutsertaan siswa dengan menggunakan table serta analisis kesimpulan dari data Forum Diskusi Facebok ini.

B. Hasil Survei

Dari hasil pengamatan terdapat 41 Mahasiswa yang mengikuti Facebook Group discussion. Tetapi hanya 32 koresponden yang menjawab atau memberikan komentar.



Dari 41 orang terdapat 32 koresponden menjawab “No” sebanyak 8 orang, “Yes” sebanyak 4 orang, dan “Yes&No” sebanyak 20 orang.

Dengan nama nama koresponden sebagai berikut:
JAWABAN
NAMA KORESPONDEN
“Yes&No”
Priyo, Fitri, Indira, Harum, Pohan, Dinda, Saipul, Ida, Zaki, Tyara, Nunu, Putri Bintari, Eka, Eko, Adi, Akram, Denny, Reno, Arief, dan Fenny. (20 Orang)
“No”
Wisnu, Kamel, Annisa, Ridho, Nana, Teguh, Thalha dan Sharah (8 Orang)
“Yes”
Irvan, Amel, Samuel, dan Asti (4 Orang)

Dari Ketiga jenis jawaban diatas saya mendapatkan beberapa komentar yang bernada sama

“YES&NO"
                  
            

"YES"


“NO”



C. Pembahasan

Jumlah yang tertera pada table diatas cukup membuat sedikit kaget, pengguanaan media pemebelajaran yang kreatif ternyata belum begitu menarik minat siswa, terbukti dari 41 peserta ada 9 orang siswa yang “mangkir” dari tugasnya melakukan diskusi dalam pembelajaran. Pada dasarnya penggunaan media yang menarik minat siswa harus melalui assessment need. Inovasi yang seharusnya memberikan angin segar terhadap masalah minat belajar siswa ternyata tidak begitu berdampak. Misalnya saja dalam pemberian komentar, banyak siswa yang mencontek atau mengintip komentar teman nya. Berdasarkan hasil dia atas terdapat 3 tipe komentar yang sama dari “ye&no” dan “no”,  2 komentar dari yes. Ini membuktikan minat ataupun pengalaman siswa menggunakan facebook sama. Dilihat dari sisi inovasi, penggunaan facebook ini sudah banyak digunakan mulai dari semasa Sekolah menengah ataupun melihat dari penggunaan facebook ini yang hanya “mengulang” di tiap semesternya.
Lalu?! tergolong inovasi kah?
Pada awalnya menurut saya ini merupakan sebuah inovasi dikarena kan saya mengikuti group discussion ini untuk memecahkan masalah belajar seperti jarak dan waktu. Namun jika dilihat dari sisi tersebut, media ini seperti membenarkan pepatah bahwa “mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”. Penggunaan facebook ini digunakan sebagai penilaian dosen pengampu Difusi Inovasi Pendidikan ini membuat semakin “memaksa” siswa untuk mensynchoronous kan pembelajaran ini. Minat siswa yang menurundikarenakan kadang waktu yang diberikan tidak memungkinkan siswa untuk memberikan jawaban secara maksimal. Apalagi Group ini yang dip alt sebagai inovasi malah membuat siswa berpikir bahwa jawaban yang pertama dan paling lengkap akan mendapat nilai bagus. Sehingga dengan begitu pemikiran siswa TIDAK MENGADOPSI FACEBOOK SEBAGAI SEBUAH INOVASI MELAINKAN HANYA SARANA UNTUK MENCARI NILAI.
Pada dasarnya pengguanaan facebook sebagai media inovasi yang cukup kreatif harus dipahami oleh siswa sebagai sebuah inovasi yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan dapat bermanfaat bagi kita dalam mencari alternative media pemebelajaran yang dapat memecahkan masalah belajar. Para pembimbing pembelajaran juga seharusnya dapat mentransfer pemahaman bahwa penggunaan facebook ini dapat digunakan sebagai alternative bukan hanya mengukur kecepatan maupun ketepatan dari tugas tetapi yang lebih ditekankan pada ke aslian pemikiran dan pemahaman bahwa facebook itu adalah sebuah inovasi pembelajaran

.
D. Kesimpulan

Dalam proses pembelajaran dibutuhkan sebuah pemikiran kreatif didalamnya. Masalah pembelajaran yang akan selalu muncul akan mendatangkan inovasi inovasi baru setiap saatnya. Perkembangan ini menuntut kita sebagai pengembang pemebelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar dengan meningkatkan pengetahuan peserta didik. Pada dasarnya pendidikan itu menciptakan sebuah pola pikir yang sistematis, konstruktif, dan sistemik. Seharusnya pendidikan bukan hanya melahirkan pemikiran yang plagiatis, instan, dan acuh karena desakan tugas atau hanya perintah dari sang pembimbing tetapi perkembangan kognitif dan afektif masing masing siswa juga harus ditanamkan dalam dalam.


Daftar Pustaka

https://www.facebook.com/groups/609115625823877/



Followers

 
;